Search This Blog

Tuesday, June 14, 2011

GERAKAN KEPALA SAAT MENGGUNAKAN HELM


Pada video tutorial saya kali ini saya membuat suatu gerakan benda atau object yang arah dari gerakannya diikuti oleh object lainnya. Dalam hal ini saya membuat contoh gerakan kepala saat kepala memakai helm, contoh ini bisa diaplikasikan pada gerakan benda lainnya, sebagai contoh misalnya gerakan tangan yang sedang memegang sesuatu atau gerakan kaki yang sedang memakai sepatu, atau gerakan mesin.

Saya membuat video tutorial ini dengan menggunakan Blender versi 2.57 beta dan kompatibel dengan versi 2.5 ke atas. Pada saat saya membuatnya, blender saya setting pada setelan default, kamu bisa menyetelnya dengan cara klik (file > load factory settings ).

Shortcut input yang digunakan :

Shift A : Add, menambah object dasar yang baru
Ctrl P : Parents, menggabungkan dua object atau lebih
Ctrl Z : Undo, kembali ke langkah sebelumnya
Tab : Memindah dari object mode ke edit mode dan sebalikya
Shift : Memilih dua object atau lebih
A : All, memilih semua object atau semua bidang object
W : Subdivide, menambah garis-raris potong pada saat edit mode
E : Memunculkan atau menambah object yang sama sesuai bidang object yang dipilih, jika dipilih E + Y, maka object yang muncul searah sumbu Y
S : Scale, memperbesar ataupun memperkecil skala object yang dipilih
R : Rotasi atau memutar object, jika dipilih R + X maka rotasi pada sumbu X
Keypad / : Hanya menampilkan object atau sub object yang dipilih dan kebalikannya

Sebagai tambahan gerakan mouse sambil menekan roda mouse ketika kamu ingin memutar arah pandang space atau keseluruhan object dalam ruang.

Selamat mencoba..., dan saksikan video tutorial saya yang lain.


No comments:

Post a Comment